Artikel Terbaru

LightBlog

Breaking

LightBlog

Thursday, June 30, 2016

7 Manfaat Pisang Yang Belum Kalian Ketahui

7 Manfaat Pisang Yang Belum Kalian Ketahui - Pisang merupakan buah-buahan yang sering ditemukan di Indonesia. Buah pisang mudah di dapatkan pada semua tempat dan dengan harga yang relatif terjangkau. Buah pisang cocok sebagai makanan pencuci mulut. Mengkonsumsi pisang secara rutin ternyata banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh.
Manfaat Buah Pisang

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Gula alami: glukosa, fruktosa, dan sukrosa
Vitamin dan mineral: vitamin B6, vitamin A, kalium, serat makanan, vitamin C, biotin, karbohidrat, magnesium, riboflavin dan mangan.

Principle Nutrient Value Percentage of RDA
Energy 90 Kcal 4.5%
Carbohydrates 22.84 g 18%
Protein 1.09 g 2%
Total Fat 0.33 g 0.1%
Dietary Fiber 2.60 g 7%
Vitamins Nutrient Value Percentage of RDA
Folates 20 µg 5%
Niacin 0.665 mg 4%
Pantothenic acid 0.334 mg 7%
Pyridoxine 0.367 mg 28%
Riboflavin 0.073 mg 5%
Thiamin 0.031 mg 2%
Vitamin A 64 IU 2%
Vitamin C 8.7 mg 15%
Vitamin E 0.10 mg 1%
Vitamin K 0.5 µg 1%
Electrolytes Nutrient Value Percentage of RDA
Sodium 1 mg 0%
Potassium 358 mg 8%
Minerals Nutrient Value Percentage of RDA
Calcium 5 mg 0.5%
Copper 0.078 mg 8%
Iron 0.26 mg 2%
Magnesium 27 mg 7%
Manganese 0.270 mg 13%
Phosphorus 22 mg 3%
Selenium 1.0 µg 2%
Zinc 0.15 mg 1%
Phyto-nutrients Nutrient Value Percentage of RDA
Carotene-α 25 µg -
Carotene-ß 26 µg -
Lutein-zeaxanthin 22 µg -

7 Manfaat Pisang Yang Belum Kalian Ketahui

Dibawah ini merupakan beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan yang kami kutip dari berbagai sumber :
1.) Sumber Energi
Buah pisang mengandung beberapa jenis gula alami, diantaranya fruktosa, glukosa dan juga sukrosa. Kandungan gula alami yang terdapat dalam buah pisang ini mampu dengan cepat diubah menjadi energi dalam tubuh. Tak heran banyak diantara atlet ketika istirahat dalam sebuah pertandingan mengkonsumsi pisang karena pisang dapat dengan cepat menambah energi dalam tubuh.

2.) Mood Booster
Dalam waktu-waktu tertentu mungkin suasana hati dan juga pikiran Anda sedang kacau, depresi atau insomnia, Pisang juga bisa menjadi mood booster. Kandungan vitamin B6 didalam buah pisang atau triftopan sangat memiliki peran penting dalam pembentukan hormon serotonin yang mampu mangatur suasana hati dan juga dapat menenangkan Otan Anda.

3.) Luka Lambung
Manfaat Pisang Lainnya yaitu dapat menenangkan perut dan juga meredakan rasa perih pada bagian perut ini dikarenakan pisang memiliki kandungan efek anti-asam. Selain itu luka yang memiliki bentuk oval atau bulat yang terjadi pada lambung atau ada yang menyebutnya dengan ulkus juga dapat dilawan dengan pisang sehingga keasamaan pada lambung dan juga iritasi yang terjadi pada bagian lambung dapat dikurangi.

4.) Baik untuk Darah
Kandungan vitamin B6 dalam buah pisang juga baik untuk darah, pisang kaya vitamin B6 yang memiliki peran yang cukup penting dalam hal produksi antibodi dan juga hemoglobin didalam darah sehingga dengan mengkonsumsi pisang dapat menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap dalam keadaan stabil.

5.) Menjaga Kesehatan Usus
Buah Pisang memiliki serat dengan rata-rata sekitar 2,5 gr yang sebagian besar merupakan serat larut, ketika mengkonsumsi pisang kemudian serat ini dapat membantu menghilangkan sesuatu yang mungkin buruk yang ada dalam pencernaan kemudian mengeluarkannya. Sehingga sistem pencernaan termasuk usus Anda tetap dalam keadaan yang sehat.

6.) Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat Buah Pisang selanjutnya yaitu dapat menyehatkan mata, tak hanya wortel yang mengandung vitamin A, Buah pisang juga memiliki vitamin A yang dapat memelihara kesehatan mata Anda. Setidaknya didalam pisang mengandung 10 mikrogram vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata dan penglihatan Anda.

7.) Mengontrol Fungsi Jantung
Pisang memiliki kandungan potasium yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan juga elektrisitas yang terjadi pada aliran darah didalam tubuh manusia. Potasium yang terdapat dalam pisang dapat terserap pada aliran darah kemudaian mengalir pada bagian-bagian tubuh lain sehingga dengan keseimbangan cairan dan elektrisitas pada aliran darah ini dapat menjaga jantung Anda tetap sehat. Bila seseorang kekurangan potasium bisa mengakibatkan detak jantung yang tidak beraturan dan tentu saja membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Selain itu pisang mudah untuk dinikmati dan dijadikan berbagai macam aneka olahan makanan. Selain bisa dimakan secara langsung, pisang juga bisa dibuat menjadi jus, puding, smoothie dan juga dijadikan berbagai makanan penutup lain. Sekian Dulu Semogga Bermnfaat .

8 comments:

  1. wah banyak juga ya manfaatnya, nice info gan(y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bnayak yang lain loh , pisang mempunyai banyak manfaat kawan

      Delete
  2. Thanks infony!jadi pingin pisang ne

    ReplyDelete
  3. Bisa dicoba ni, mantap gan artikelnya bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Ternyata masih banyak manfaat pisang yg belum saya tahu, thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama jangan lupa berkunjung lagi Gan :)

      Delete

Tulis Komentar Di Bawah, Kami Menerima Kritikan Dan Saran Kawan-kawan :)

Adbox